Gunung Bromo-Gunung Bromo merupakan salah satu gunung aktif yang berada di provinsi Jawa Timur. Gunung ini berada di perbatasan antara kabupaten Malang, Pasuruan, Lumajang, dan Probolinggo. Gunung Bromo memiliki ketinggian mencapai 2392 m dpl. Berwisata ke tempat ini memang sangat mempesona bagi siapa saja yang datang untuk mengunjunginya.

Wisata ini ada yang mengatakan salah satu iconnya Jawa Timur. Secara fisik Gunung ini tidak sebesar Gunung-Gunung lain yang ada di Jawa Timur, seperti Gunung Semeru, Gunung Argopuro, Gunung Arjuno, dan gunung-gunung lainnya, namun pesonanya yang indah sudah terkenal di seluruh indonesia bahkan sampai ke mancanegera.

Gunung Bromo

wisata gunung bromo

Menurut legenda masyarakat, konon nama Gunung Bromo berasal dari nama Dewa yang menganut agama Hindu, yaitu Dewa Brahma. Gunung ini terkenal dengan pemandangan mataharinya yang indah apabila sedang terbit. Untuk dapat menyaksikan keindahannya, anda harus naik ke puncak penanjakan yang merupakan lokasi terbaik untuk dapat melihat matahari terbit.

Sejarah Gunung Bromo tidak akan pernah lepas dari cerita legenda Joko Seger dan Roro Anteng. Konon legenda ini merupakan salah satu legenda yang terbentuknya kawah Gunung Bromo, Gunung Batok, dan lautan pasir yang ada di sekitar kaldera Bromo. Gunung Bromo memiliki kawah dengan panjang sekitar 800 meter ke arah utara dan ke selatan, dan 600 meter dari arah barat ke timur. Untuk dapat menikmati keindahan kawah ini, anda harus menaiki 250 anak tangga.

Gunung-Bromo

Suhu udara di kawasan Gunung Bromo berkisar antara 3-20 derajat celcius, bahkan bisa mencapai suhu 0 derajat celcius. Suku asli di daerah Gunung Bromo ialah Suku Tengger yang merupakan suku asli yang mendiami daerah sekitar gunung. Suku ini identik dengan penampilannya yang suka mengikat kain sarung di leher atau menggantungkannya ke pundak. Sebagian besar suku tengger menganut agama Hindu.

Tengger berasal dari nama pasangan Roro Anteng dan Joko Seger yang merupakan nenek moyang yang pertama kali mendirikan pemukiman di daerah Gunung Bromo. Dikatakan pula bahwa Suku Tengger merupakan keturunan dari masa kerajaan Majapahit, karena pada masa itu kerajaan Majapahit semakin terdesak oleh pengaruh agama Islam, penduduk berlarian ke Gunung Bromo dan ke Bali.

wisata alam gunung bromo

Di kawasan Gunung Bromo ada sala satu upacara yakni upacara Yadnya Kasada atau Kasodo. Upacara merupakan tradisi dari Suku Tengger, upacara ini biasa dilaksanakan pada hari ke-14 di bulan ke-10 penanggalan Jawa Hindu Tengger, yang di mulai dari luhur poten yang berada di kaki Gunung Bromo. selanjutnya suku Tengger akan berjalan menuju ke kawah untuk melemparkan sesajen yang telah di persiapkan, yang berupa hasil pertanian dan perkebunan dan ada juga ayam yang masih hidup.

Asal usul upacara ini tidak lepas dari kisah Joko Seger dan Roro Anteng. Pasalnya pasangan ini sudah lama menikah dan belum dikaruniai anak. Setelah memohon pada Dewa, akhirnya Roro Anteng bisa mengandung, namun dengan syarat bahwa anak bungsu harus di korbankan dengan cara melemparkan ke kawah sebagai persembahan.

wisata-gunung-bromo

Pasangan Joko Seger dan Roro Anteng memiliki 25 anak, karena nalurinya sebagai orang tua, keduanya menolak untuk mengorbankan anak bungsunya, sampai kemudian dewa marah dan membuat jilatan api besar yang keluar dari kawah. Setelah menghilangnya sang anak, tiba-tiba terdengar suara ghaib yang mengatakan bahwa setiap tahunnya suku Tengger harus melaksanakan upacara persembahan di kawah Gunung Bromo. Hal inilah yang menjadi asal mula Upacara Kasodo.

Rute untuk menuju ke kawasan Wisata Gunung Bromo anda dapat memilih beberapa jalur yang ada, kawasan wisata ini memang sangat mudah untuk di jangkau. Jalur dari Lumajang, anda bisa menempuhnya perjalanan dari kota Lumajang menuju kecamatan Senduro, dari sini Anda bisa meneruskan perjalanan menuju desa Ranu Pane, dan kemudian melewati bukit menuju ke kawasan wisata Bromo lewat kawasan Jemplang. Apabila sampai di Jemplang Anda sudah bisa melihat pemandangan gunung Bromo dari kejauhan. pemandangan gunung bromo

jalur dari malang, Anda bisa menempuh perjalanan dari kota Malang menuju ke kecamatan Tumpang – Kab. Malang, dari sini perjalanan Anda akan diteruskan ke desa Bulak Klakah, dan akan bertemu dengan jalur yang melewati Lumajang, yaitu kawasan Jemplang dan kemudian dilanjutkan melewati padang savana gunung Bromo.

Jalur dari kota Pasuruan Anda bisa dimulai dari kota Pasuruan menuju ke kecamatan Wonorejo, dari sini Anda dapat melanjutkan ke kecamatan Warung Dowo dan kemudian ke kecamatan Tosari, dari kecamatan Tosari, Anda terus menuju ke desa Wonokitri. kemudian dilanjutkan ke Penanjakan Gunung Bromo.

Pesona-wisata-gunung-bromo

Jalur dari Probolinggo, jalur ini merupakan jalur favorit para wisatawan, Anda akan bisa menikmati keindahan alam selama perjalanan ke gunung Bromo. apabila Anda memilih untuk melewati jalur Probolinggo, dari Surabaya perjalanan Anda akan diteruskan ke kabupaten Pasuruan, menyusuri jalan pantura kemudian masuk kabupaten Probolinggo.

wisata gunung bromo di malang

Kemudian anda akan menemukan pertigaan kecamatan Tongas dan dilanjutkan menuju kecamatan Lumbang, bagi anda yang masih mempunyai waktu serta ingin mengunjugi tempat wisata lain, disini Anda bisa mampir ke tempat wisata Air Terjun Madakaipura. Setelah sampai di kecamatan Lumbang, perjalanan Anda diteruskan menuju kecamatan Sukapura kemudian mengikuti jalan menuju ke desa Cemoro Lawang dan disinilah pintu utama untuk masuk ke kawasan gunung Bromo

gunung bromo, bromo, ########################, https://yandex ru/clck/jsredir?from=yandex ru;search;web;;&text=&etext=1823 Hh47HU0VzHd4oWK5K3XEPN4Dq5RJ7H283VDxULpZ6fwfIIBPSB821PpyR8KxPQRp e965517d9777bfc343a078400e24d747fa78fd32&uuid=&state=_BLhILn4SxNIvvL0W45KSic66uCIg23qh8iRG98qeIXme, https://yandex ru/clck/jsredir?from=yandex ru;search;web;;&text=&etext=1834 XqPFbN3rbQ8-DsAA9b-4Yd6BgX52ig_KoFdgZIN0Vm8vK_7PCr6OyUHnI7Z2cPZW 3c025a17b6715d2ca8dcdc62a2822a2733e00e25&uuid=&state=_BLhILn4SxNIvvL0W45KSic66uCIg23qh8iRG98qeIXme

loading...



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.