Tempat Wisata Di Samarinda – Merupakan sebuah ibu kota provinsi Kalimantan Timur sekaligus kota terbesar di pulau Kalimantan. Pulau Kalimantan sendiri sangat dekat dengan Malaysia, mempunyai banyak suku pedalaman yang sangat memegang teguh kepercayaan nenek moyang, sampai pemerintahan di Samarinda tidak seluruhnya bisa mengatur daerah-daerah tertentu. Samarinda sendiri memiliki sungai Mahakam yang menjadi pembelah kota Samarinda sungai ini menjadi gerbang menuju wilayah pedalaman kalimantan.

Wisata di samarinda pun terdapat banyak mulai dari wisata keluarga sampai wisata alamiah sudah banyak di sini, dan tentu kali ini kami akan mengulas beberapa Tempat Wisata Di Samarinda yang perku kamu ketahui:

1. Pulau Kumala

Pulau Kumala adalah tempat wisata yang dilihat dari jauh bentuknya memanjang dan seperti kapal terbalik, pulau ini terbentuk dengan sendirinya yang katanya terbuat dari tumpukan lumpur sungai Mahakam sendiri. Pulau ini terletak di tengah sungai Mahakam.

Pulau Kumala di program dengan menggambarkan budaya Kalimantan mulai dari bangunan adat, candi dan juga patung lembu. Selain dengan bangunan budaya Kalimatan, pulau ini menyediakan wahana hiburan seperti kerta mini, kereta gantung, komedi putar dan yang istimewa sky tower yang memiliki ketinggian 75 meter. Banyak yang menyebut Pulau Kumala adalah Taman mini Kalimantan karena mirip dengan Taman Mini Indonesia karena bangunan yang terdapat di dalamnya.

2. Air Terjun Pinang Seribu

Terletak di Kelurahan Sempaja Utara. airnya tidak terlalu deras akan tetapi keunikan air terjun ini bentuknya yang seperti anak tangga alami dan tentu bisa di naiki oleh pengunjung. Nah di sini sangat tepat untuk mengajak si kecil untuk berlibur bersama.

Aktivitas yang bisa dilakukan bukan hanya mandi di kawasan air terjun akan tetapi kamu bisa memancing di kolamnya sepuas hati, juga kamu bisa mengelilingi danau buatan dengan menyewa sepeda. setelah itu kamu bisa bersantai menikmati hidangan di warung istimewa sekitar air terjun.

3. Pantai Beras Basah

Terletak di Bontang, Samarinda, Kalimantan Timur, Lebih tepatnya selat makasar.

Pantai ini memiliki pasir putih dengan di tumbuhi pohon kelapa yang di tata rapi, di tambah pemandangan air jernih kebiruan. Untuk bisa sampai ke Pulau ini hanya memerlukan waktu selama 3 jam dari kota Samarinda, akan tetapi ketika kamu sebelum menginjakan kaki kamu akan kehilangan rasa penat itu, karena bukan hanya pemandangan pasir putih atau pohon kelapa, tetapi terdapat menara marcusuar yang menjulang tinggi dan keindahan alam bawah laut yang tak bisa dilewatkan.

4. Air Terjun Tanah Merah

Teletak di Dusun Purwosari, Kec. Samarinda Utara, Kaltim.

 

Air terjun ini di namakan Tanah Merah memang kenyataannya, Air yang di semburkan dari atas sungai Siring itu sangatlah jernih akan tetapi ketika air telah sampai ke tanah air tersebut berubah keruh kemerahan, hal ini karena tanah kolam air terjun ini sejenis tanah Gambut, akan tetapi pengunjung dari berbagai daerah tak henti-hentinya mengunjungi wisata ini.

5. Lembah Hijau

Lembah Hijau merupakan suatu taman Wahana bermain yang di kelola pemerintah, begitupun dengan fasilitas yang di miliki taman ini sangat memuaskan contohnya tempat yang sering di ramaikan pengunjung Toilet, Camping Ground, Replika hutan, kolam renang, kafe dan tempat-tempat lainnya. Taman ini sering di gunakan oleh anak-anak sekolah karyawan dari berbagai daerah.

6. Penangkaran Buaya

Terletak di Desa Pulau atas, Kelurahan Makroman, Kec. Palaran, Kab. Samarinda, Kaltim.

Nama Penangkaran ini adalah Penangkaran buaya Makroman terdapat banyak jenis buaya di sini seperti buaya siam, buaya muara, buaya sepit dan berbagai jenis buaya lainnya.

7. Masjid Islamic Center

Terletak di Kelurahan Teluk Lerong Ulu, Samarinda. Masjid ini dibangun dari tahun 2001 dan di resmikan pada tahun 2008. Wisata religi ini sangat ramai di kunjungi oleh umat muslim dari masyarakat lokal maupun luar kota. Katanya arsitektur Masjid sangat terinspirasi oleh Hagia Sophia di Turki, karena dari kubah yang bermotif, masjid ini memiliki 33 anak tangga menuju ke lantai utama, melambangkan kemiripan dengan jumlah biji tasbih, memiliki 7 menara tak lain menara yang satu adalah menara utama dengan ketinggian 99 meter, melambangkan berapa asmaul husna, dan enam menara lainnya yang mengelilingi masjid dengan ukuran lebih pendek, mirip dengan rukun iman yang enam.

Bagaimana guys.. kamu tertarik ingin pergi ke Samarinda?

Demikian artikel dari kami semoga tentang Tempat Wisata Di Samarinda, ada manfaat tertulis di dalamnya jika ada kesalahan entah secara kalimat atau penulisan kami mohon maaf sebesar- besarnya dan tulis komentar mu di bawah kami siap untuk menerima kritik dan saran. Hormat kami sekian dan terima kasih.

Jika berkenan, bantu kami untuk membagikan artikel ini kepada keluarga, teman terdekat kamu, agar mereka bisa tau serta mengenal Tempat Wisata Di Samarinda dan share ke facebook, twiter, email, what’sapp, atau sejenisnya.

tempat wisata malam di samarinda

loading...



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.