coban-tumpak-sewu

Wisata Air Terjun Baru Di Malang – Tempat ini merupakan beberapa tempat wisata Air Terjun terbaru dan paling dicari oleh pecinta wisata alam. Dari beberapa daftar nama-nama Air Terjun yang terdapat dibawah ini, Air tenjun dari Batu merupakan tempat paling ramai dan paling bagus dari pada laianya.

Saat ini memang lagi ramai-ramainya tempat wisata alam khususnya untuk wisata alam yang gaya petualangan. Di Kota Malang hampir disetiap plosok daerahnya memiliki Wisata Air Terjun. Dan jika Anda merupakan petualang sejati, tak lengkap kiranya jika Anda belum berkujung kebeberapa tempat yang telah kami rekomendasikan dibawah ini.

1. Coban Nirwana

5 Wisata Air Terjun Baru Di Malang

Wisata Air Terjun Baru Di Malang

Wisata alam di daerah Malang ini sedang ramai dibicarakan oleh pecinta wisata alam. Wisata ini memang belum memiliki nama atau julukan yang pasti, tetapi kebayakan orang yang sudah pernah berkunjung kesana menyebutnya dengan sebutan Coban Nirwana dan ada juga yang menyebutnya dengan Coban Mbok Karimah.

Tempat ini memiliki keistimewaan dari segi pemandangan yang bagus dan terkesan masih alami, kerena pada dasarnya tempat ini masih baru dan belum ramai pengunjung. Untuk fasilitasnya pun masih sedikit dan biaya masukpun belum ada / gratis.

Letak dari Coban Nirwana ini berada di Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Aksesnya juga mudah dan dekat, karena terletak diantara perbatasan Gedangan dan Sumber Manjing kabupaten Malang.

Terdapat dua jalur menuju ke tempat itu, melalui Gedangan ataupun melalui Sumber Manjing wetan. Kedua jalur itu merupakan jalur yang paling mudah untuk digunakan, mungkin hanya beberapa kilo saja yang sedikit kurang baik.

2. Coban Tundo

5 Wisata Air Terjun Baru Di Malang
Coban ini merupakan tempat wisata terbaru di wilayah Malang, pengunjungnya pun masih jarang. Tempat ini terletak di Desa Sidosari kecamatan Sumber Manjing Wetan kebupaten Malang. Untuk masuk Anda hanya dikenakan biaya pakir kendaraan saja, sedangkan untuk tiketnya masih gratis.

Letaknya berada di pelosok dan terkesan belum banyak yang tahu. Hal itu semakin menambah rasa penasaran bagi pecinta wisata alam yang bergaya menantang. Air terjun ini masih bersih dan berwarna kebiru-biruan. Jika Anda dari arah malang kota cukup dengan menempuhnya selama 2.5jam.

Dikabarkan juga jika coban Tundo memiliki tiga tempat: pertama terletak di atas sediri yang dikenal dengan coban Tundo 1, kedua ditengah dengan sebutan coban Tudo 2, dan yang terakhir terletak dibagian baewah sendiri dengan julukan coban Tundo 3. Dan yang paling di anggap menarik adalah di coban Tundo 2.

3. Coban Pelangi

5 Wisata Air Terjun Baru Di Malang
Coban yang terdapat pada Desa Gubugklakah, kecamatan Poncokusumo, kabupaten Malang. Diberi nama Coban Pelangi karena tak jarang cipratan air coban ini membiaskan cayaha menjadi pelangi.

Coban Pelangi ini berada dibawah pengelolaan Perum Perhutani KPH Malang, yang berada ditengah-tengah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru / TN BTS.Letak air terjun ini berada ditinggian 1299.5 m. Suhu ditempat ini terbilang dingin kerena berada pada 19 – 23 derajat Celcius.

Untuk berkunjung ke tempat ini lebih sebaiknya dilakukan pada pagi- pagi sekali, dengan itu Anda bisa merasakan kabut pagi yang sejuk. Dan perlu Anda ketahui juga jika pihak pengelola memberikan batas bagi pengunjung dimusim penghujan hanya sampai jam 4 sore. Untuk tiket masuk hanya Rp 5.000, parkir motor Rp 2.000, dan parkir 5.000.

4. Coban Rais

5 Wisata Air Terjun Baru Di Malang
Kabupaten Malang juga tak kalah banyak untuk destinasi wisata air terjunnya jika dibandingkan dengan daerah Bandung atau Puncak Bogor. Di Malang telah dibuka wisata air terjun baru yang diberi nama Coban Rais.

Coban Rais tidak kalah menariknya jika dibandingkan dengan Coban Rondo. Coban Rais terletak di Dresel, Oro-oro Ombo, Batu, Malang. Letaknya dekat dengan bumi perkemahan di Batu.

Jalan menuju kesana terkesan landai dan sejuk karena terletak di tengah hutan dan melewati sungai. Bagi yang ingin berkunjung keCoban Rais diharapkan membawa bekal yang cukup dikarenakan jarak antara pintu masuk dan tempat coban berada agak jauh. Untuk harga masuk hanya Rp 5.000, parkir motor Rp 1.000, dan mobil Rp 5.000.

5. Coban Kethak

5 Wisata Air Terjun Baru Di Malang
Wisata air terjun Coban Kethak berada di Desa Pait, Kasembon, Malang. Yang membuat coban ini menarik adalah terdapatnya batu besar berbentuk mirip dengan kepala singa. Bersuasana tenang dan sejuk, harga tiket masuknya juga murah hanya Rp 5.000 saja.

Coban Kethak berada di luas lahan hingga 4 hektar yang disekelilingnya banyak tumbuh berbagai macam pohon buah-buahan seperti durian atau alpukat. Untuk ketempat wisata ini terbilang mudah dan dekat karena letaknya dibagian samping dari jalan raya hutan Pait.

Jalan menuju kesana cukup menantang karena Anda diharuskan menyusuri jalan yang berbatu hingga 25 m dan melewati jembatan dari bambu. Tetapi pada saat dilokasi Anda akan mendapatkan bayaran dari perjalanan menantang itu dengan suasana dan kesejukan.

6. Coban Rondo

coban-rondo
Untuk coban ini dipastikan sudah banyak yang mengetahui, karena sudah banyak sekali wisatawan berkunjung kesini baik itu wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Karena tempat ini sudah memiliki akses jalan dan berbagai fasilitas cukup baik.

Lokasinya berada di Desa Pandansari, Pujon, Batu. Air Terjun ini mempunyai tinggi hingga 60 m. Di kawasan ini juga terdapat taman labirin cukup besar dan baik untuk digunakan sebagai latar belakang berfoto.

Di sekitar tempat ini juga terdapat banyak sekali tempat bermain lainya seperti: outbound, flyingfox, tubing, airsortgan, painball, tagung serta junggle trekking. Tiket masuk hanya Rp 15.000 dan tidak termasuk untuk fasilitas lainnya.

7. Coban Talun

air-terjun-coban-talun
Air terjun ini berada di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Batu, Malang. Dari arah Malang kota Anda cukup berkendara hanya 1.5 jam atau dengan jarak 15 kilometer. Jalannya juga terbilang enak untuk dilalui.

Jika anda berkunjung ketempat ini pada saat cuaca cerah Anda akan bisa melihat pelangi hasil pembiasan cahaya dari cipritan air yang terbawa angin. Ditambah dengan adanya bebatuan sehingga nampak alami dan sejuk.

Diharuskan untuk Anda yang ingin berkunjung ke tempat ini supaya tidak berkunjung diwaktu penghujan, karena pada wahtu hujan ditempat ini sering terjadi banjir. Sedangkan untuk masuk kelokasi hanya cukup membayar sebesar Rp 5.000, pakir motor Rp 2.000 , Rp 5.000 untuk mobil.

8. Coban Gintung

coban-gintung
lokasi wisata ini berada di Desa Sidorenggo, Ampelgading, Malang. Dari malang kota Anda dapat sampai ketempat ini dengan berkendara hingga 75 km dengan kendaraan pribadi.

Jalurnya dari Malang Kota, Turen, Dampit, Ampelgading. Setalah sampai di Desa Ampel Gading lebih jelasnya silahkan bertanya kepada warga sekitar atau ikuti saja petunjung yang telah tersedia di tempat-tempat tertentu dari jalanan Desa itu.

Ditempat wisata ini juga terdapat rumah pohon sebagai salah satu pilihan wahananya. Dan karena rumah pohon ini hanya berkapasitas 4 orang untuk bisa masuk pengunjung diharuskan mengantri dahulu. Biaya masuk masih gratis hanya saja bayar biaya parkir motor Rp 5.000 da mobil sebesar Rp 10.000.

9. Air Terjun Sumber Pitu
Di Malang sendiri terdapat dua wisata Air Terjun Sumber Pitu, yang pertama terletak di Pujon dan Yang satu terletak di Tumpang. Jangan sampai salah tempat kedua tempat wisata ini letaknya jauh , dan jika di tempuh membutuhkan waktu selama 2 jam lamanya.

*Air Terjun Sumber Pitu Pujon

air-terjun-sumber-pitu-pujon
Wisata ini tepatnya berada di Dusun Tulungrejo, Pujon Kidul, Malang, Jawa Timur. Jika Anda dari arah Malang kota cukup langsung masuk jalur arah wisata Batu atau arah jalaur Batu – Kediri.

Seperti namanya pada Air terjun ini terdapat tujuh pancuran yang berjajar dan mambentuk tirai besar jika dilihat dari kejauhan. Semakin manarik lagi dengan danya beberapa tanaman hutan yang bergelantungan. Untuk tiket masuk hanya Rp 10.000 saja.

*Air Terjun Sumber Pitu Tumpang

air-terjun-sumber-pitu-tumpang
Wisata ini tepatnya berada di Desa Duwet Krajan, Tumpang, Malang. Menurut warga sekitar disutu dahulunya terdapat tujuh sumber mata air pada tebing dan mengalair jatuh sehingga dikenallah sampai saat ini dengan sebutan Air Terjun Sumber Pitu.

Untuk masuk ke wisata ini hanya dibutuhkan biaya sebesar Rp 15.000. Dari Pasar Tumpang pengunjung masih harus menempuh jarak sepanjang 4 km untuk sampai ke lokasi, tetapi Anda tak perlu kawatir karena disepanjang perjalanan Anda akan dimanjakan suasana perkebunan apel dan berbagai macam sayuran hasil perkebunan warga sekitar.

10. Air Terjun Ringin Gantung

air-terjun-ringin-gantung
Disebut Ringin Gantung karena pada bagian sisi dari Air terjun ini terdapat pohon beringin yang bergelantungan, karena itulah oleh warga sekitar disebut dengan nama Ringin Gantung. Air terjunini memiliki ketinggian hingga 40 m.

Tempat air terjun ini berada di Desa Duwet, Tumpang, Malang, letaknya tidak jauh dari Air Terjun Sumber Pitu Tumpang. Biaya masuk hanya berkisaran Rp 10.000 sampai Rp 15.000.

Jalan menuju kawasan ini terbilang menarik karena terbilang cukup ekstrim dan menantang. Tempat ini juga masih terbilang jarang dikunjungi, dan kerna itulah tempat ini masih terkesan sejuk dan menarik sekali untuk dikunjungi.

11. Coban Tumpak Sewu

coban-tumpak-sewu
Wisata ini berada di perbatasan wilayah Ampel Gading, Malang dan Pronojiwo, Lumajang. Wisata Coban Tupak Sewu sebenarnya masuk kawasan Lumajang tetapi kali ini Saya masukkan kedaftar Air terjun semalang karena letaknya tidak jauh dari Malang.

Air terjun ini memiliki ketinggian 180 m dan berhiaskan tanaman-tanaman hijau disekitarnya. Disepanjang tebing banyak sekali kucuran air yang mengalair, dan dari situ juga nama coban ini diambil dan dikenal hingga sampai saat ini.

Jalur yang ditempuh untuk ke lokasi ini berjarak 65 km dari arah Malang kota dengan mengikuti jalur dari Pasar Gadang, Bululawang, Turen, Dampit, Ampel Gading, gapura perbatasan dan lokasi air terjun. Sedangkan jika dari arah Lumajang bisa berada dijalur Pasirian, Jembatan Gladak Perak, Piket Nol dan lokasi air terjun.

Memang tidak tersedia area parkir umum, tetapi pengunjung bisa menitipkan kendaraan di rumah warga desa setempat dengan biaya Rp 5.000. Untuk biaya ke area atas tebing hanya Rp 5.000 , dan jika pengunjung ingin turun dan menikmati pemandangan dari bawah akan dikenakan biaya lagi sebesar Rp 5.000.

12. Coban Ciblungan

coban-ciblungan
Lokasi ini belum banyak yang mengunjungi sebab areanya berada di tengah hutan. Tempatnya berada di Dampit, Lumajang, Purwoharjo, Ampelgading, Malang, Jawa Timur.

Dari tempat penitipan kendaraan pengunjung masih harus berjalan kaki sejauh 50 m. Karena belum banyak pengunjung tiket masuknya masih gratis dan belum ada fasilitas umum di tempat ini. Tetapi disini pengunjung dapat bermain air sepuasnya.

Air terjun di tempat ini tidak begitu tinggi tetapi disamping air terjun utama masih ada lagi beberapa air terjun kecil disampingnya. Untuk tempat penitipan kendaraan anda bisa menitipkan kepada warga sekitar dan membayarnya sebasar Rp 5.000.

13. Coban Cinde

coban-cinde
Lokasinya bertempat di Desa Benjor Tumpang, Malang. Berjarak 27 km dari arah Malang Kota. Belum banyak yang mengunjungi tempat ini, karena tempatnya jauh dari pedesaan.

Jalan menuju lokasi masih alami dan menantang sangat cocok bagi pengunjung dengan daya petualang sejati. Air terjun utama memiliki ketinggian berkisar 50 m dengan debit terbilang sedang.

Asal mula dinamakan Coban Cinde karena aliran air yang terjun itu sering kali terbawa angin kencang sehingga seolah-olah tebentuklah semacam tirai yang terkena angin. Kata Cinde dalam bahasa masyarakat dikenal dengan tirai.

14. Coban Jahe

coban-jahe
Lokasi Air terjun ini berada di Dusun Begawan, Desa Pandansari, Jabung, Malang. Tempat ini juga belum banyak penunjungnya dikarenakan tempatnya berada di kawasan Perhutani unit 2 Jatim Malang.

Tempat wisata ini sangat menarik untuk dikunjungi karena masih terkesan alami dan sejuk dengan berbagai macam tumbuhan basar nan rindang, tebing-tebing tinggi dan gemericik air yang mengalir.

Disini juga terdapat berbagai wahana bermain seperti flying fox dan river tubing. Cukup dengan Rp 5.000 untuk bisa masuk kawasan wisata ini dan Rp 2.000 untuk biaya penitipan kendaraan. sementara biaya dari wahana river tubing sedang sebesar Rp 75.000 dan Rp 150.000 untuk river tubing yang panjang.

15. Coban Manten

air-terjun-coban-manten
Wisata ini terdapat di desa Pandansari, Pujon, Malang. jika ditempuh dari Malang kota akan memiliki jarak tempuh sepanjang 30 km. Masyarakat juga memiliki sebutan lain untuk Coban Maten ini dengan sebutan Coban Kembar.

Mungkin julukan Coban Manten diambil dari berdirinya dua Air terjun ini sejajar dalam satu tebing layaknya pengantin yang berdiri di pelaminan. Air terjun Manten letaknya tidak jauh dari Coban Rondo dan Coban Tengah.

Untuk masuk kawasan Coban Manten pengunjung melewati Coban Rondo mengingat letaknya yang berada di atas daripada Coban Rondo. Dan untuk masuk pengunjung akan dikenakan biaya sebesar 15.000.

16. Coban Tengah

coban-tengah
Wisata Coban Tengah ini letaknya tidak jauh dari Coban Rondo dan Coban Manten yang berada di desa Pandansari, Pujon, Malang. Disebut dengan Coban Tengah karena letaknya berada ditengah-tengah antara Coban Rondo dan Coban Manten.

Air terjun yang sudah dikenal dengan sebutan Coban Tengah tak jarang warga setempat menyebutnya dengan Coban Dudo. Air terjun memiliki ketinggian hingga 50 m. Disini pengunjung juga dapat bermain air atau mandi.

Wisata ini jarang sekali pengunjungnya, dikarenakan medan untuk sampai ke tempat itu sangat sulit dan ekstrim. Tak jarang orang yang berkunjung ketempat ini sampai ketujuan, karena kebanyakakan mereka mengurungkan niatnya dan berbalik arah kembali setelah mengetahui jalurnya.

17. Coban Trisula

coban-trisula
Wisata air terjun ini berada di desa Ngadas, Poncokusumo, Malang. Air terjun ini diberi nama Trisula dikarenakan alirannya terbagi menjadi tiga bagian. Tempat ini merupakan area peristirahatan para pendaki Gunung Bromo.

Air terjun Trisula yang tertinggi disebut Coban Atas yang memiliki ketinggian hingga 35m. Air terjun kedua ketinggiannya 25 m dikenal dengan sebutan Coban Tengah. Dan air terjun dengan ketinggian 11 m dikenal sebagai Coban Bawah. Ketiganya mempunyai pesona tersendiri yang wajib Anda kunjungi.

Untuk masuk wisatawan asing diharuskan mengeluarkan biaya sebesar Rp 20.000, sedangkan untuk wisatawan lokal dewasa hanya dikenakan biaya sebesar Rp 5.000 dan Rp 2.500 untuk anak”.

18. Coban Siuk

coban-siuk
Wisata air terjun Siuk memiliki ketinggian mencapai kurang lebih 90 m dengan volume kucuran air cukup besar. Di sekeliling air terjun terbentuk kolam alami yang cukup lebar sehingga bisa digunakan pengunjung untuk berenang sepuasnya.

Diarea Coban Siuk juga terdapat air terjun lagi dengan ketinggian 12m dan Gua peninggalan Jepang yang bisa Anda kunjungi. Area wisata ini berada di Desa Taji, Jabung, Malang.

Bagi Anda yang ingin berkunjung Kami himbau untuk membawa makanan dan minuman dari rumah, karena ditempat ini belum tersedia rumah makan. biaya masuknya saja sampai saat ini masih gratis.

19. Air Terjun Banyu Anjlok

air-terjun-banyu-anjlok
Jika di Jogja memiliki pantai yang ada air terjunnya, di Malang juga terdapat pantai yang dipinggirnya ada air terjun dan mengalir langsung ke laut.

Air Terjun Banyu Anjlok tidak begitu tinggi, pada bagian atas air terjun ini terdapat kolam yang terbentuk alami dan bisa dipergunakan untuk berenang, atau sekedar bermain-main air.

Wisata ini terletak di Dampit, Desa Tirtoyudo, kecamatan Tirtoyudo, Malang. Dari tempat penitipan kendaraan pengunjung masih harus berjalan kaki selama 25 menit. Dan biaya masuk tergolong murah berkisar Rp 5.000 per orang.

20. Coban Parang Tejo

coban-parang-tejo
Wisata coban Parang Tejo terletak di Dusun Princi, Desa Gading Kulon, Dau, Malang. Air Terjun ini sangat tinggi karena mencapai 100 m dan debit air terbilang kecil sehingga aman saat berda dibawahnya.

Yang menjadikan wisata air terjun ini semakin menarik lagi, jika pada saat cuaca cerah biasanya sering mincul pelangi di siang harinya. Tetapi hingga saat ini masih sedikit sekali pengunjung yang datang ketempat ini.

Seperti biasa pengambilan nama pasti berhubungan langsung dengan lokasi. seperti “Parang” jika diartikan adalah tebing dan “Tejo” jika diartikan menjadi pelangi. Biaya masuk gratis dan tidak menutup kemungkinan jika sekarang sudah memiliki tarif karena untuk akhir-akhir ini pengunjungnya semakin bertambah.

21. Coban Glotak

coban-glotak
Air terjun ini berada dikawasan Gunung Kawi Desa Bedalisodo, Wagir, Malang. Dari arah Malang kota birkisar 20 km saja. Air terjun ini Kami masukkan kedaftar Wisata Air Terjun seMalang karena memiliki bergai keunikan.

Tempat ini masih alami sekali dan belum bayak yang tau serta berkunjung ke tempat ini. Airnya dingin, udaranya sejuk, pemandangannya pun sangat menarik sekali dan sayang jika Anda tidak berkeinginan kewisata air terjun ini.

Untuk sampai kelikasi pengunjung masih harus melewati jalanan yang cukup ekstrim dan menantang, cocok sekali bagi para petualang sejati. Karena ditempat ini belum ada warung-warung yang terdia, maka silahkan bagi Anda yang berminat berkunjung untuk mempersiapkan bekal dari rumah.

22. Air Terjun Telaga Tiga Warna

air-terjun-telaga-3-warna
Wisata Coban ini berada di Desa Sidorenggo, Ampelgading, Dampit, Malang. Coban ini berketinggian kurang lebih 30 m. Untuk sampai ke lokasi pengunjung hanya perlu mengikuti arah ke Coban Gintung.

Dari tempat penitipan kendaraan pribadi pengunjung masih harus menghadapi jalanan ekstrim selama 60 menit untuk sampai kelokasi. Dan semua akan terbayarkan jika sudah sampai karena pengunjung bebas bermain air dan berenang di kolam sekitaran air terjun.

Dikatakan Telaga Tiga Warna karena air yang berada di kolam alami tersebut jenih sekali sehingga batu yang berwana kehitaman, lumut-lumut dan pasir yang ada didasar kolam bisa terlihat jelas serta menimbulkan tiga warna dari kejauhan.

23. Coban Goa Naga Gintung

air-terjun-goa-naga-gintung
Wisata ini oleh masyarakat sekitar biasanya disebut Coban Goa Naga Gintung. Nama ini diambil dari adanya goa purba, goa ini sekarang dihuni ratusan kelelawar. Kawasan ini berada di Desa Sidorenggo, Ampelgading, Malang.

Untuk masuk ke area akan dikenakan biaya sebesar Rp 10.000 itu sedah temasuk biaya penitipan kendaraan pribadi. Dan bagi para pengunjung yang datang kewisata ini supaya tidak sedikit pun meninggalkan sampah, ini upaya warga sekitar dam pengelola untuk mempertahankan ke indahan wisata Air Terjun Gintung.

Di dekat Coban Gintung juga terdapat tiga air terjun lain seperti Coban Ciblungan, Coban Telaga Tiga Warna dan Coban Gintung. Cukup menarik dan sayang untuk dilewatkan jika dalam satu arah perjalanan namun tiga lokasi wisata dapat dikunjungi.

24. Coban Baung

coban-baung
Air terjun ini bertempat di Desa Gendogo, Balesari, Gunung Kawi, Ngajum, Malang. Air terjun ini mempunyai ketinggian hingga 71 m. Dan sangat disayangkan sekali tempat ini tidak terpelihara dan bnyak sekali sampah disekelilingnya.

Untuk Anda yang berniat ingin berkunjung ke tempat ini diwajibkan datang di musim panas, karena pada musim penghujan akses jalan disini kurang bersahabat karena licin dan terjal. Kalaupun memaksa kami sarankan untuk tidak memakai alas kaki yang terbuat dari karet.

Jangan sampai salah pengertian, coban Baung juga terdapat di Pasuruan. Keduanya memang memiliki kesamaan dari segi nama, tetapi berbeda wilayah dan tentunya berbeda pula keindahan yang ditawarkan.

25. Coban Kodok

coban-kodok
Air terjun ini bertempat di Desa Gumul, Sukomulyo, Pujon, Malang. Wisata ini belum banyak yang mengetahui, bahkan untuk sampai kelokasi saja pengunjung harus bertanya kepada warga sekitar. Petunjuk arah ketempat ini belum tersedia.

Kealamian tempat ini masih terasa sekali, karena belum banyak pengunjung yang datang ketempat ini. Belum ada biaya masuk, biaya penitipan, atau tempat beristirahan. Tetapi pengunjung bisa menitipkan kendaraan dirumah-rumah warga. Dan masih harus berjalan selama 15 menit untuk sampai kelokasi.

Sekian rekomendasi tempat-tempat wisata air terjun dari kami semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda. Dan smoga diberi kesehatan dan kesempatan untuk bisa mengunjungi tempat-tempat ini.

This slideshow requires JavaScript.

coban di malang, coban nirwana, air terjun baru di malang, wisata air terjun malang, daftar air terjun di malang, wisata coban di malang, air terjun indah di malang, wisata dampit malang, Coban dimalang, macam coban di kab malang, wisata bukit nirwana malang, Tempat wisata yang ada di dampit, tempat wisata air terjun paling indah di malang, pariwisata dampit, coban di tumpang, coban yang bisa berenang di malang, wisata didampit, coban di malang dampit, coban kethak malang, coban di tumpang di malang

loading...



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.