Wisata Kawah Ijen-Banyuwangi merupakan kota yang berada diprovinsi Jawa Timur, di kota ini terdapat banyak tempat wisata yang terkenal, salah satunya ialah Kawah Ijen. Kawah ijen ini merupakan salah satu objek wisata yang sudah dikenal oleh para pewisatawan domestik maupun wisatawan asing. Kawasan wisata ini masuk dalam wilayah Cagar Alam Taman Wisata Ijen dengan luas kurang lebih 2.560 hektare, dan juga termasuk hutan wisata seluas 92 hektare. Kawah Ijen berlokasi di puncak Gunung Ijen di wilayah kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi dan Kecamatan Klobang Bondowoso. Ketinggian Kawah Ijen ini mencapai sekitar 2.368 meter di atas permukaan laut.

Kawah Ijen ini terletak di tengah kaldera yang terluas di pulau Jawa, yang berukuran sekitar 20 kilometer, ukuran kawahnya sendiri sekitar 960 meter x 600 meter dengan kedalaman 200 meter dan terletak di kedalaman lebih dari 300 meter di bawah dinding kaldera. Kawah Ijen ini merupakan salah satu kawah yang paling asam dan terbesar dunia yaitu memiliki tingkat keasaman yang mendekati nol sehingga dapat melarutkan tubuh manusia dengan cepat, suhu kawah yang mencapai 200 derajat celcius menmbah takjub akan kawah yang sangat besar ini.

Wisata Kawah Ijenwisata kawah ijen

Kawah Ijen merupakam danau yang besar berwarna hijau kebiruan dengan kabut dan asap barelang yang sangat mempesona. Suhu di kawah ini mencapai 10 derajat celcius bahkan bisa mencapai 2 derajat celcius yang menambah sensasi tersendiri. Salah satu yang menjadi pusat perhatian para pewisatawan yang berkunjung ke tempat wisata ini pasalnya mereka berani mendekati danau hanya untuk menggali balerang dengan peralatan yang sederhana lalu di pikul dengan keranjang.

Para penambang ini mengambil balerang dari dasar kawah yang asapnya cukup tebal dan hanya menggunakan peralatan yang se adanya seperti sarung, dan penutup hidung. Balerang ini di hasilkan dari pipa yang menuju sumber gas vulkanik yang mengandung sulfur. Aliran dari dalam pipa tersebut keluar dalam bentuk lelehan balerang yang berwarna merah dan setelah membeku balerang tersebut berubah warna menjadi kuning. Setelah barelang tersebut di potong dan baru di angkut dengan cara di pikul melalui jalan setapak. Beban yang di pikul cukup berat berkisar antar 80 hingga 100 kg.wisata kawah ijen terpopuler

Untuk dapat menuju ke tempat wisata ini, apabila menggunakan kendaraan umum, dari kota Banyuwangi kita langsung menuju ke terminal Sasak Perot atau Banjarsari, dari terminal ganti kendaraan minibus jurusan Licin. Jarak dari kota Banyuwangi menuju ke Licin sekitar 15 km jika di tempuh menggunakan kendaraan bermotor roda dua atau dengan mobil pribadi dapat di tempuh sekitar 30 menit. Dari sini kita menuju ke arah Sodong yang berjarak sekitar 8 km yang harus meleawati perkebunan jambu, kita bisa menaiki ojek atau truk perkebunanan bisa juga menggunakan travel, karena perjalanan mudah di lalui oleh kendaraan.

Di setiap perjalanan ini akan di suguhkan oleh pemandangan yang sangat indah. Setelah tiba di Sodong kita akan melanjutkan perjalanan menuju Paltuding sekitar 10 km, Paltuding ini merupakan salah satu tempat bertemunya jalur lewat dari arah Bondowoso dan arah Banyuwangi. Sekitar 6 km sebelum Paltuding kita akan melewati jalan yang dinamakan erek-erek oleh warga sekitar. Di Paltuding ini kita harus melaporkan pendakian kepada petugas PHPA, dan membeli tiket  masuk. Dari sini untuk menuju ke Kawah Ijen  memakan waktu sekitar 2 jam, yang jalannya terus menanjak dengan pemandangan hutan alam yang indah.wisata kawah ijen di banyuwangi

Sekitar waktu 1,5 jam kita akan sampai di pondok penambangan balerang, pondok ini di bangun untuk kantor penampungan hasil balerang yang di dapat dari kawah, dari sini kita hanya membutuhkan waktu sekitar setengah jam untuk bisa sampai di Kawah Ijen. Saat yang paling tepat untuk dapat menyaksikan keindahan Kawah Ijen ini pada saat pagi hari. Pendakian Kawah Ijen ini di tutup selepas waktu 14:00, karena pekatnya asap dan kemungkinan arah angin yang akan mengarah ke jalur pendakian.

loading...



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.